Senin, 28 Desember 2015

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik Secara Didaktis



Faktor-faktor yang mempengaruhi secara didaktis dapat dibedakan menjadi dua, yakni faktor dari dalam dan dari luar diri anak tersebut.

1. Faktor dari dalam : 
       IQ (intelligence Quotien)
       Setiap manusia memiliki tingkat IQ berbeda-beda. Jika IQ anak tinggi maka anak tersebut termasuk anak yang cerdas. Jika IQnya rendah maka anak tersebut termasuk ke dalam anak yang akan susah beradaptasi dengan lingkungn sekitar. Jika IQnya sedang maka akan tumbuh menjadi anak yang biasa-biasa saja seperti pada umumnya. IQ ini sangat mempengaruhi terhadap perkembangan anak, misalnya saja jika anak dengan IQ yang tinggi maka dia akan lebih mudah menelaah atau menerima informasi. Sedangkan untuk anak dengan tingkat IQ rendah tidak semudah dengan anak yang berIQ tinggi atau sedang untuk menerima informasi.
 
 2. Faktor dari luar :


·         > Metode yang digunakan dalam mendidik
            Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh metode atau cara-cara yang digunakan dalam mendidik anak tersebut. Bila cara yang digunakan tepat maka perkembangan anak akan menuju ke arah positif. Sedangkan jika metode yang digunakan kurang tepat atau bahkan tidak tepat maka akan berdampak negatif bagi anak. Misalnya saja pada seorang guru di sekolah. Jika guru tersebut biasa mendidik muridnya dengan kekerasan maka anak akan merasa takut dan perkembangannya akan terganggu. Lain halnya jika guru memberikan didikan dengan cara yag sabar dan memahami muridnya maka anak akan merasa nyaman.

·         > Orang yang memberikan didikan
           Orang yang memberi didikan kadang berpengaruh pula. Jika anak didik oleh orang tua, misalnya orang tuanya seorang polisi maka kemungkinan besar anak akan mempunyai kepribadian yang berani, disiplin, dan lain-lain. Tetapi jika orang tuanya seorang petani maka anak tersebut akan berkambang menjadi anak yang meiliki sifat yang berbeda  dengan anak seorang polisi tadi.

·         > Masa-masa saat pemberian pendidikan
             Pada masa-masa tertentu manusia akan mamiliki kemampuan yang berbeda-beda. misalnya saja jika orag tua memaksakan anak agar bisa membaca sebelum masuk TK, maka hal ini akan berpengaruh pada perkembngan anak. Karena secara normal anak mulai bisa membaca pada usia 7 tahun. Tetapi seiring dengan kemajuan zaman, banyak anak yang dibawah usia 7 tahun sudah bisa membaca.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Fisika Kurikulum Merdeka